Tips Memilih Tanah Properti – Menghadap Timur

Tips Memilih Tanah Properti – Menghadap Timur

Bismillah

kita bertemu lagi kali ini pada tulisan selanjutnya bagaimana memilih tanah atau rumah yang sesuai atau yang menguntungkan kita .

pada tulisan terdahulu saya telah memberikan sedikit tulisan mengenai bagaimana memilih tanah dan type tanah atau properti apa saja yang layak anda beli antara lain adalah tentang tanah dengan lokasi tusuk sate dan tanah berdekatan dengan rumah sakit, silahkan klik pada masing-masing link diatas untuk menyimaknya

kali ini saya akan sedikit menulis tentang tips memilih tanah atau rumah berdasar dengan posisi tanah tersebut, dalam artian menghadap timur,barat, selatan atau utara .

Rumah Hadap Selatan
Rumah Hadap Selatan

Rumah, apartemen, atau hunian lain yang menghadap ke selatan dinilai paling baik dan nyaman. Teras dan bangunan depan rumah lebih sering teduh, karena posisi matahari lebih banyak di bagian utara. Sedangkan bagian belakang rumah akan diterpa mentari pagi. Posisi yang pas dan bisa digunakan untuk menjemur pakaian.
Rumah pun tak akan lembap dan menyehatkan, karena bagian samping mendapatkan cahaya yang maksimal. Di bagian barat terkena sinar matahari sore dan di timur mendapatkan matahari pagi.

2. Rumah Hadap Utara

Arah hadap ini juga cukup banyak diminati dan terbilang menyehatkan. Teras rumah akan banyak mendapatkan sinar matahari pagi. Namun, sebaiknya Anda memerhatikan desain yang tepat agar cahaya tidak berlebihan dan justru mengganggu. Misalnya, menambahkan kanopi atau menanam tanaman agar rumah tak mendapatkan terik matahari langsung.
Bagian belakang rumah relatif teduh, namun kurang pas bila digunakan menjemur pakaian. Lokasi jemuran bisa diterapkan pada sisi timur rumah untuk cahaya pagi atau barat untuk cahaya sore.

3. Rumah Hadap Timur

Saat pagi sebelum jam sembilan, rumah akan mendapatkan sinar matahari yang menyehatkan. Ini tentu poin plusnya. Namun sayangnya di atas jam 9 pagi, rumah berubah suhu jadi hangat hingga panas. Kondisi yang kuran nyaman, apalagi bila hunian tinggal berada di dataran rendah dan perkotaan yang cenderung berudara panas.
Untuk mengatasinya, solusi bisa memakai kanopi atau tanaman yang meneduhkan halaman depan rumah. Posisi jemuran diletakkan di sebelah utara untuk mendapatkan cahaya maksimal.

4. Rumah Hadap Barat

Posisi hadap rumah ini terbilang yang paling kurang baik untuk rumah tinggal. Namun, jangan berkecil hati bila rumah Anda menghadap barat, karena solusi mengatasinya sudah banyak dibagikan.
Rumah hadap barat sulit mendapatkan sinar matahari pagi dan membuat interior kurang sehat. Solusinya, manfaatkan pintu belakang yang mendapatkan cahaya dengan membuka jendela atau membuat ruang terbuka.
Untuk lokasi menjemur bisa memilih di bagian utara. Rumah hadap barat juga terkenal panas dan solusi terbaiknya ialah menanam pohon di depan rumah. sumber : https://www.rumahku.com/artikel/read/mengenal-kelebihan-dan-kekurangan-letak-arah-hunian-413593/4

Demikian sekilas tentang bagaimana memilih posisi arah mata angin untuk hunian anda .

%d bloggers like this: